Laman

Kamis, 23 Oktober 2014

Ekonomi-Kebutuhan dan angketnya



 ‘Laptop dan Internet merupakan kebutuhan Pelajar’  
Laporan
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Ekonomi
oleh
-    Alfira Yuandasari
-    Nadia Rubiyani
-    Rizki Amalia Nurfadhilah
-    Wasi Restu Rahayu
-    Yolanda Indah Irawanty
     Kelompok 2
        X-MIA 6


smansa.jpg



DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 SUMEDANG
Jln. Prabu Geusan Ulun No. 39 Sumedang Telp. (0261) 201850
2014/2015




KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang ikut serta dalam setiap cita dan cinta agar senantiasa langkah kita terpapah lewat hidayah yang tumpah tercurah dan selalu bersimpuh di pelupuk Nur yang teguh terpancuh. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada sang pembawa risalah Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, tabi’in tabi’at serta pemegang dan penerus risalah yang istiqomah untuk menegakkannya di muka bumi hingga akhir kehidupan ini. Aamiin.
Selanjutnya, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.      Drs. Hidayat selaku guru mata pelajaran Ekonomi yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
2.      Rekan-rekan seangkatan, Kakak kelas dan Adik kelas yang telah memberikan saran dan masukkan.
3.      Kedua orangtua serta keluarga besar yang selalu memberikan dukungan baik moril maupun materil serta tak henti-hentinya berdo’a demi keberhasilan kami.
Dengan segala kerendahan hati, kami menyadari bahwa tersusunnya Laporan yang berjudul ‘Laptop dan Internet merupakan kebutuhan Pelajar’  ini berkat bantuan, bimbingan, nasehat serta petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu dari lubuk hati yang paling dalam kami mengucapkan terima kasih, semoga Allah SWT berkenan memberikan balasan yang berlipat ganda atas kebaikan yang mereka berikan kepada kami.
Akhirnya, kami berharap semoga laporan ini menjadi bahan masukan atau sumbangsih yang bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya kita semua. Aamiin.

Kelompok 2,


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Ekonomi, menurut bahasa yaitu berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos berarti keluarga atau rumah tangga sedangkan Nomos berarti peraturan atau aturan. Sedangkan menurut istilah yaitu manajemen rumah tangga atau peraturan rumah tangga. Pengertian Ekonomi adalah salah satu bidang ilmu sosial yang membahas dan mempelajari tentang kegiatan manusia berkaitan langsung dengan distribusi, konsumsi dan produksi pada barang dan jasa.
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Dalam ilmu ekonomi juga terdapat kebutuhan, keinginan dan kelangkaan. Pelajar merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki suatu kebutuhan guna memenuhi keinginnanya dan guna menunjang kehidupannya. Kebutuhan pelajar begitu banyak namun semuanya tidak bisa terpenuhi akibat adanya kendala-kendala tertentu. Tidak hanya kebutuhan primer seperti buku, pensil dan lain-lain, namun, kebutuhan lain yang kini sangat dibutuhkan adalah kebutuhan laptop/komputer serta internet.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka kami mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
1.    Apa saja kebutuhan seorang pelajar ?
2.    Mengapa Komputer/Laptop serta Internet saat ini menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi?
3.    Sejauhmana penggunaan multimedia dalam pembelajaran sekolah dengan menggunakan laptop/komputer berpengaruh terhadap siswa?
4.    Bagaimanakah dengan kendala yang terjadi dalam pemenuhan kebutuhan akan laptop/komputer dan internet?
1.3 Batasan Masalah
Kami membatasi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut :
Kebutuhan siswa akan laptop/komputer dan internet serta pembelajaran dengan multimedia  di sekolah.
1.4 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah:
1.    Untuk melengkapi tugas dari salah satu mata pelajaran Ekonomi tentang pembuatan laporan mengenai kebutuhan siswa.
2.    Untuk mendeskripsikan macam-macam kebutuhan siswa.
3.    Untuk mendekripsikan penyebab laptop/komputer dan internet sangat dibutuhkan.
4.    Untuk mendeskripsikan mengenai pengaruh multimedia dalam pembelajaran.
5.    Untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam memenuhi kebutuhan akan laptop/komputer dan internet.
1.5 Manfaat
Laporan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan kami selaku penulis. Adapun manfaat yang diharapkan diantaranya sebagai berikut:
a.    Bagi Penulis
Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, serta hasil laporan ini bisa menjadi acuan untuk mengerjakan laporan selanjutnya tentunya lebih baik dari laporan ini.
b.    Bagi Pembaca
Untuk mengetahui jika mengenai kebutuhan siswa.
1.6  Sasaran
Laporan ini ditujukkan untuk memenuhi tugas salah satu mata pelajaran Ekonomi.
1.7  Metode
Metode yang kami digunakan dalam pembuatan laporan ini adalah:
a.    Metode Literatur
 Yaitu dengan menggunakan media internet dan buku.
b.    Metode Wawancara
Yaitu dengan mewawancarai pelajar lain.
1.8  Sistematika
Sistematika yang digunakan penulis dalam pembuatan laporan ini adalah:
-      BAB I yang terdiri dari :
Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan, Manfaat, Sasaran,  Metode, dan Sistematika
-      BAB II yang terdiri dari :
Macam-macam kebutuhan pelajar, Penyebab Laptop/Komputer dan Internet sangat dibutuhkan, Pengaruh pembelajaran dengan multimedia di sekolah, dan Kendala-kendala yang dihadapi untuk memenuhi kebutuhan akan laptop/komputer dan internet.
-      BAB III yang terdiri dari :
Simpulan




BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
2.1 Macam-macam kebutuhan pelajar
Pernahkah anda menempatkan diri dan bertukar tempat sebagai siswa dikelas? Coba lah sekali-sekali, artinya jangan kemudian bertukar secara fisik tapi rasakan lah perasaaan siswa di kelas saat belajar dengan guru. Berikut ini adalah hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan siswa dikelas:
1.          kebutuhan untuk ‘survival’ (makan, minum dan lain-lain)
2.          kebutuhan untuk bersenang-senang
3.      kebutuhan untuk merasa bebas memilih dan menentukan
4.      kebutuhan untuk punya kesuksesan
5.      kebutuhan untuk merasa dicintai dan dihargai
Memang tidak mudah untuk memenuhi semua kebutuhan di atas, bayangkan jika ada 35 orang siswa di kelas maka akan ada banyak sekali kebutuhan yang mesti dipenuhi oleh guru.  Hal yang bisa seorang guru lakukan  adalah berusaha untuk bisa lebih mengerti siswa dan menganalisa perilaku siswa  sesuai dengan kebutuhan mereka diatas.
1.      Kebutuhan untuk makan dan minum; Siswa boleh saja menaruh botol minuman di dalam kelas agar jika ia haus maka akan mudah baginya untuk minum. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa asupan cairan akan membuat seseorang menjadi gampang berfikir dan tidak mudah lelah.
2.      Kebutuhan untuk bersenang-senang; Dikelas saat melakukan kegiatan dengan siswa, upayakan untuk melakukan metode ‘hands on activity’ ini akan membuat siswa senang dan waktu menjadi tidak terasa. Dan bisa juga dengan memainkan permainan pada 5 menit terakhir jam pelajaran, biarkan mereka memilih permainannya atau bisa juga untuk memutarkan video menarik dari youtube untuk mereka.
3.      Kebutuhan untuk punya kebebasan; Biarkan siswa di kelas menentukan sendiri tempat duduknya, namun sambil ingatkan mereka untuk bertanya pada diri sendiri apakah pasangan duduknya atau teman yang ada di sebelahnya akan membuat ia tidak berkonsentrasi dan mengganggu saat sedang mengerjakan tugas. Dengan demikian siswa akan menjadi seorang yang tetap punya tanggung jawab saat diberikan kebebasan.
4.      Kebutuhan  akan kesuksesan; Jika seorang anak tidak begitu bisa dan menguasai matematika, lihat sisi lainnya mungkin saja ia senang dan bisa terlibat penuh dalam pelajaran seni, drama atau malah pintar dalam sesi debat dikelas. Guru yang baik adalah guru yang bisa membuat siswa merasa sukses walaupun dari hal-hal yang kecil sekalipun.
5.      Kebutuhan untuk merasa dicintai dan dihargai; Rayakan setiap keberhasilan di kelas. Hal ini membuat siswa percaya bahwa bukan hanya saat ia ulang tahun teman dan gurunya memberikan selamat, tapi saat ia meraih sesuatu di luar kegiatan sekolah, maka guru dan temannya pun akan ikut berbahagia.
Kebutuhan yang disebutkan diatas merupakan kebutuhan dasar siswa dan Kebutuhan Pelajar Menurut Intensitasnya adalah bilamana kebutuhan akan barang dan jasa tersebut dipandang dari urgensinya (pentingnya), atau mendesak tidaknya suatu kebutuhan bagi kehidupan manusia.
Kebutuhan ini dikelompokkan menjadi tiga: kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tertier.
1. Kebutuhan Primer : yaitu kebutuhan manusia yang mutlak harus dipenuhi keberadaannya agar manusia tetap hidup dan bisa beraktivitas. Jadi sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contoh:
Buku tulis, alat tulis, pakaian seragam dan lainnya.
2. Kebutuhan Sekunder : kebutuhan ini disebut juga kebutuhan kultural, yaitu kebutuhan yang timbul bersamaan dengan meningkatnya peradaban manusia. Merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok telah terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Contohnya
seperti pendidikan yang baik, gadget, Komputer atau Laptop, internet, dan lain-lain.
3. Kebutuhan Ter
sier: yaitu kebutuhan manusia yang ditujukan untuk kesenangan hidup manusia. Artinya keberadaan barang tertier tidak begitu banyak pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Contoh: asesoris yang terlalu berlebihan, kendaraan bermotor, perhiasan, pakaian bermerk dan lain-lain.
2.2 Penyebab Laptop/Komputer dan Internet sangat dibutuhkan
Laptop/Komputer dan Internet merupakan bagian dari kebutuhan dan masuk kedalam kebutuhan sekunder atau disebut juga kebutuhan kultural, yaitu kebutuhan yang timbul bersamaan dengan meningkatnya peradaban manusia. Merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok telah terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer.
Komputer/laptop serta internet merupakan suatu kebutuhan karena dalam pembelajaran kurikulum 2013 khususnya siswa dituntut untuk mencari tahu sendiri materi apa yang harus dipelajari dan dikuasai, dan bila kita hanya mengandalkan buku pelajaran(paket) dari sekolah rasanya masih kurang cukup dikarenakan materi-materi didalamnya terbatas dan penulisnyapun hanya beberapa orang saja. Namun, jika kita menggunakan internet tentunya materi yang kita dapatkan akan lebih banyak dan universal atau global. Dalam buku paket pun masih terbanyak tugas/himbauan untuk kita mencarinya di Internet.
Dan untuk pentingnya laptop/komputer terjadi saat kita ditugaskan membuat suatu makalah/laporan/karya tulis/lainnya. Walaupun saat ini telah banyak tercipta smartphone tetap saja kedudukan komputer/laptop lebih tinggi dikarenakan laptop/komputer dari ukuran layarnya saja sudah berbeda dengan smartphone yang layarnya terbatas.
2.3 Pengaruh pembelajaran dengan multimedia di sekolah
Di era modern ini dengan perkembangan tekonologi dan komunikasi yang begitu pesat mempengaruhi dalam hal pembelajaran di sekolah. Dulu, seorang guru biasanya hanya menerangkan materi secara lisan dan paling menyuruh siswa untuk membaca materi tersebut tanpa ada penjelasan-penjelasan yang lebih rinci.
Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi guru kini memberikan materi kepada murid dengan cara menampilkan tayangan melalui laptop/komputer. Tayangan yang biasanya ditampilkan oleh seorang guru berupa materi dalam ppt (microsoft office power point), melalui video dari youtube, melalui video-video dari sumber lain, dan lainnya.
Dari hasil pengamatan kelompok kami, kami menemukan jawaban dari beberapa siswa jika pembelajaran menggunakan multimedia lebih bisa diserap murid karena menurut mereka hal itu sangat berpengaruh karena siswa merasa tidak bosan dengan materi yang disampaikan karena dalam penanyangan terdapat gambar-gambar, musik, dan penanyangan yang pastinya lebih mudah untuk diingat.
2.4 Kendala-kendala yang dihadapi untuk memenuhi kebutuhan akan laptop/komputer dan internet.
Walaupun sekarang ini sudah era modern namun masih ada kendala-kendala dalam memenuhi kebutuan akan laptop/komputer dan internet. Kendala-kendala tersebut diantaranya:
-      Penghasilan orang tua yang belum cukup untuk memberikan fasilitas berupa laptop/komputer kepada anaknya.
-      Jaringan internet yang terkadang lelet menjadi salah satu kendala besar.
-      Adanya wifi disekolah namun dibatasi pemakaiannya atau hanya dihidupkan beberapa waktu saja.
-      Ketidakmengertian menggunakan Laptop/Komputer dan Internet dengan baik dan benar.


BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber-sumber yang terbatas, dengan cara ilmu atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas.
Kebutuhan siswa mencakup kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dan kebutuhan akan laptop/komputer dan internet merupakan kebutuhan siswa yang harus dipenuhi. Namun masih terdapat banyak kendala untuk mencapai kebutuhan tersebut.


LAMPIRAN
ANGKET KEBUTUHAN SISWA
TERHADAP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Nama siswa  :
Kelas siswa  :
Sekolah        :
Petunjuk      :
-      Angket kebutuhan ini diisi oleh peserta didik.
-      Angket ini bertujuan sebagai analisis kebutuhan siswa akan multimedia pembelajaran di sekolah
-      Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jujur
-      Berilah tanda (√) pada jawaban yang anda anggap paling sesua
Uraian Pertanyaan :
I.    Kebutuhan iaster dan media pembelajaran pada materi Larutan Penyangga
1.    Apakah anda memiliki iaster atau laptop?
□ Ya                                                  □ Tidak
2.    Dimana anda sering menggunakan iaster?
□ Rumah                                            □ Warnet
□ Sekolah                                           □ Lainnya
3.    Sudah berapa lama anda menggunakan iaster?
                   □ 0-1 tahun         □ 2-5 tahun     □ 6-10 tahun          □ > 10 tahun
4.    Untuk keperluan apa anda sering menggunakan iaster?
…................................................................................................
5.    Apakah di sekolah anda sudah dilengkapi dengan fasilitas infokus?
□ Ya                                                  □ Tidak
6.    Pernahkah guru anda menggunakan laptop/iaster dalam pembelajaran?
□ Ya                                                  □ Tidak
7.    Jika pernah, seberapa sering guru anda menggunakan laptop/iaster dalam pembelajaran?
□ Setiap hari                                       □ Kadang-kadang
8.    Pernahkah guru anda menggunakan multimedia dalam pembelajaran?
□ Ya                                                  □ Tidak
9.    Jika pernah, multimedia apa?
…....................................................................................................
10. Di era global ini, apakah penggunaan iaster merupakan suatu kebutuhan dalam kehidupan?
□ Ya                                                  □ Tidak
11. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran akan membuat belajar menjadi lebih menyenangkan (tidak membosankan)
□ Ya                                                  □ Tidak
12. Apakah anda mengalami kesulitan dalam mencari materi pelajaran hanya dengan buku paket?
□ Ya                                                  □ Tidak
13. Apakah penjelasan guru sudah cukup bagi anda untuk memahami materi tersebut ?
□ Ya                                                  □ Tidak
14. Apakah guru anda pernah menggunakan media dalam menjelaskan materi tersebut?
□ Ya                                                  □ Tidak
15. Jika pernah, media apa yang digunakan?
…....................................................................................................
16. Jika tidak pernah, apakah menurut anda perlu menggunakan multimedia (animasi) dalam pembelajaran materi tersebut?
□ Ya                                                  □ Tidak
17. Setujukah anda jika diadakan pembelajaran menggunakan multimedia sehingga ias membantu dalam penguasaan konsep materi tersebut?
□ Ya                                                  □ Tidak
II.  Kebutuhan untuk memperhatikan kecenderungan gaya belajar
18. Mana yang paling anda sukai:
□ Menggunakan kata seperti rasakan, sentuh, dan pegang
□ Menggunakan kata seperti dengar dan berpikir
□ Menggunakan kata lihat, gambarkan, dan bayangkan
      19. Tandai yang paling sesuai dengan diri anda:
          □ Lebih mudah mengingat hal-hal yang dilihat/dibaca
          □ Lebih mudah mengingat hal-hal yang disengar
          □ Lebih mudah mengingat hal-hal yang dilakukan/dikerjakan
      20. Bagaimana jika dikembangkan bahan ajar yang menggunakan audio,visual, teks   maupun animasi?
          □ Sangat setuju     
□ Setuju               
          □ Kurang setuju
          □ Tidak setuju
(ii)

Pertemuan I

Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat kelompok anda!
1.    Bagaimana pengertian ilmu ekonomi menurut anda,setelah anda menelaah dari beberapa pendapat!
2.    Jelaskan pembagian ilmu ekonomi berdasarkan referensi yang anda ambil!
3.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan  prinsip ekonomi dari sudut para pelaku ekonomi!
4.    Bagaimanakah penerapannya dalam kehidupan ?
Jawab :
1.    Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu sosial yang mempelajari mengenai tata cara manusia dalam memenuhi keinginan dan kebutuhannya dengan menghasilkan suatu produk atau jasa yang bisa menghasilkan pendapatan untuk menunjang kehidupannya.
2.     Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari. Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.
a.    Ekonomi Mikro
Merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individual dalam pasar.
b.    Ekonomi Makro
Ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.
3.          Prinsip ekonomi yaitu tindakan yang dilakukan dalam kegiatan ekonomi dengan berpegang pada asas berusaha untuk mengambil hasil yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.
Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.
4.         Penerapannya yaitu sebagai berikut :
1. Prinsip ekonomi produksi adalah menghasilkan barang yang mendatangkan keuntungan besar, melalui: Memproduksi barang yang dibutuhkan masyarakat, Memproduksi barang dengan biaya semaksimal mungkin, Memproduksi barang yang berkualitas
2. Prinsip ekonomi penjual adalah berusaha memperoleh keuntungan maksimal, melalui: Menjual barang yang dibutuhkan dan sesuai selera masyarakat, Memberi pelayangan yang baik, Menjual barang yang terjangkau konsumen, Membeli barang semurah mungkin.
3. Prinsip ekonomi konsumen adalah berusaha memenuhi kebutuhannya dengan tingkat kemampuan yang maksimal, melalui: Memilih barang yang benar-benar diperlukan, Dapat memilih barang dan jasa yang baik dan terjamin, Membeli barng sesuai dengan kemampuan.  


(iii)

Pertemuan II

Jawablah dengan singkat dan jelas!
1.    Apa yang dimaksud dengan kebutuhan? apa perberaannya dengan keinginan? Dan jelaskan jenis jenis kebutuhan yang kita butuhkan!
2.    Sebutkan macam-macam kebutuhan anda sebagai pelajar,dan saudaramu sebagai seorang karyawan!
3.    Apa yang dimaksud dengan kelangkaan, berikan contoh kelangkaan yang ada di sekolahm,dan lingkungan dimana anda bertempat tinggal!
4.    Uraikan apa penyebab kelangkaan?
5.    Bagaimana pengalokasian sumber daya manusia, agar bisa mendatangkan kemakmuran?
6.    Menurut pengamatan dan teori yang ada, apa sajakah yang menjadi permasalah ekonomi?
7.    Apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi berdasarkan literatur yang ada, serta bagaimana sistem ekonomi dapat berperan dalam mengatasi masalah ekonomi?
Jawab     :
1.    Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, yang apabila tidak terpenuhi, dapat menggagu kelangsungan hidup orang tersebut. Sedangkan keinginan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, dan apabila tidak terpenuhi tidak mempengaruhi kehidupan orang tersebut.
Jenis-jenis Kebutuhan
a. Kebutuhan menurut Intensitas/tingkatan:
1.  Kebutuhan primer: kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat hidup secara layak,disebut juga kebutuhan alamiah contoh; sandang,pangan,papan, pendidikan
2.  Kebutuhan sekunder: merupakan kebutuhan pelengkap yang fungsinya untuk meningkatkan kenyamanan. Contoh; kipas angin, radio, tv,meja kursi dll
3.  Kebutuhan tersier: kebutuhan akan barang2 mewah Contoh; mobil, perhiasan, pesiar dll
          b. Kebutuhan menurut sifat   
1. Kebutuhan jasmani: kebutuhan yang berhubungan dengan fisik/tubuh/jasmani, contoh:kebutuhan makan, minum, pakaian, biologis.
2. Kebutuhan rohani: kebutuhan yang berhubungan dengan kejiwaan atau batin contoh: beribadah, musik,noton film
c.  Kebutuhan menurut Subjek
1. Kebutuhan Individu: kebutuhan yang pemenuhannya bersifat perseorangan contoh: pelajar membutuhkan buku, seragam
2. Kebutuhan Sosial: kebutuhan yang diperuntukkan oleh banyak orang. contoh; jembatan, jalan raya, pasar,tempat ibadah.
d.  Kebutuhan menurut waktu
1. Kebutuhan sekarang: kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini contoh: obat bagi orang sakit, makan bagi orang lapar, minum bagi orang yang haus.
2. Kebutuhan Yang akan Datang: kebutuhan yang diperuntukkan untuk masa yang akan datang contoh: tabungan, asuransi.
2. A. Kebutuhan yang dibutuhkan pelajar :
          Kebutuhan Primer:
-      Buku tulis
-      Alat tulis
-      Seragam sekolah
-      Sepatu
-      Tas
-      Kaos kaki
Kebutuhan sekunder:
-      Jam tangan
-      Komputer/laptop
-      Handphone
Kebutuhan tersier
-      Kendaraan bermotor
-      Perhiasan
B. Kebutuhan Yang  dibutuhkan karyawan:
Kebutuhan Primer:
-      Seragam kerja
-      Sepatu
-      Komputer/laptop
Kebutuhan sekunder
-      Tas
-      Jam tangan
-      Handphone
Kebutuhan tersier
-      Mobil
-      Motor
3. Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Kelangkaan yang terjadi di sekolah salah satunya kelangkaan air. Dan kelangkaan dirumah gas lpj 3 kg.
4. Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi :

a.   Keterbatasan jumlah benda pemuas kebutuhan yang ada di alam
Di alam telah banyak tersedia banyak benda yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun karena tidak semua benda tersebut dapat segera diperbaharui , maka jumlahnya pun terbatas. Misalnya minyak bumi dan barang-barang tambang lainnya yang memerlukan waktu beribu-ribu tahun untuk memperbaharuinya.
b. Kerusakan Sumber Daya Alam akibat ulah manusia
Manusia harus berhati-hati menggunakan SDA yang tersedia.
Jangan karena kesalahan manusia, sumber daya yang tersedia menjadi rusak. Misalnya penebangan hutan yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan hutan menjadi gundul dan mengakibatkan banjir.
c.  Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya yang ada. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modal dan faktor-faktor yang lain.
d.  Peningkatan Kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan
Inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan alat atau benda yang jumlahnya terbatas.
5. Manusia memiliki kelebihan yaitu kecerdasan dan hati nurani, oleh karena itu manusia merupakan sumber daya yang dapat mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat apabila kemampuannya dapat dimanfaatkan secara maksimal. hal ini dapat diwujudkan walaupun sumber daya yang lain kurangmendukung
Unsur-unsur pembentuk sumber daya manusia berkualitas antara lain:

a.Keahlian
b.kejujurandan keadilan
c. kekuatan fisik

Sumber daya manusia disebut juga tenaga kerja (labour).
Tenaga kerja dapat dibagi 2:
1. Tenaga kerja rohani
2. Tenaga kerja jasmani
Tenaga kerja jasmani terdiri dari:
* Tenaga kerja terdidik (Skilled labour)
* Tenaga kerja terlatih ( Trined labour)
* Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih (unskilled labour and untrained labour)

6.    Teori-teori mulai muncul untuk mencoba mengidentifikasi maslah ekonomi apakah yang sebenarnya yang dihadapi manusia di muka bumi ini. Secara umum ada dua buah teori umum yang mencoba untuk menjelaskan permasalahan yang ada dalam ekonomi, yaitu pokok masalah ekonomi secara klasik dan modern.
a. Pokok Masalah Ekonomi Klasik
Pokok maslaah ekonomi klaskik merupakan bahasan teori ekonomi klasik. Teori ini berdasarkan pemikiran Adam smith, David Ricardo, dan Jhon Stuart Mill yang mendominasi pemikiran ekonomi sampai tahun 1870-an. Teori ekonomi klasik melihat pentingnya  masalah ekonomi sebagai kesatuan dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi untuk kesejahteraan (kemakmuran), dalam hal ini amat menekankan kekuatan pasar sehingga menolak campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
Masalah ekonomi klasik adalah ekonomi yang dilihat dari sudut pandang sederhana. Pada dasarrnya pemikiran ini bertujuan pada satu hal, yaitu kemakmuran. Pemecahan masalah ini adalah dengan melakukan apapun yang dianggap perlu agar kemakmuran dpat dicapai. Yang disebut sebagai kemakmuran adalah situasi dimana semua barang dan jasa yang dibutuhkan manusia telah tersedia. Apabila dirincikan masalah ekonomi klasik dilihat dari segi produksi, distibusi, dan konsumsi
a.       Masalah Produksi
Permasalahan produksi adalah permasalahan bagaimana memproduksi semua benda (barang dan jasa) yang dibutuhkan masyarakat banyak.
b.      Masalah distribusi
Maslah distribusi terletak pada bagamana supaya benda-benda pemuas kebutuhan bisa sampai ke tangan konsusmen yang membutuhkannya. Seperti yang telah diketahui , barang dan jasa yang tidak sampai ke tangan konsumen yang tepat, tidak ada nilai gunanya, dan tidak dpaat memuasakan kebutuhan.
c.       Masalah Konsumsi
Maslaah konsumsi menyangkut  masalah apakah benda pemuas kebutuahn yang diproduksi memang benda  yang dapat dimiliki oleh konsumen. Barang  yang diproduksi haruslah barang yang tepat, yaitu barang yang memang dibutuhkan, diinginkan, dan mampu dibeli oleh konsumen.
b.    Pokok Masalah Ekonomi Modern
Pokok permaslaaan ekonomi modern terangkum dalam dua kata kunci, kelangkaan dan pilihan. Yang pertama menjadi penyebab yang kedua sehingga muncul empat pertanyaan mendasar tentang what, how, who, dan for whom tersebut. Walaupun setiap masyarakat menghadapi pertanyaan yang sama, namun cara mengatasinya berbeda. Perbedaan cara ini lah yang melahirkan sejumlah sistem ekonomi.
Kita dapat mendefinisikan empat maslaah fundamental perekonomian yang dihadapi setiap masyarakat di era modern.
a.       Apa (What)
Barang dan jasa apa saja yang akan  diproduksi dan dalam jumlah bera, harus ditentukan. Dari sekian banyak barang dan jasa, manakah yang harus dipilih untuk diproduksi!. Keputusan produksi tidak lagi hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan, namun juga untuk menghasilkan keuntungan maksimum.
b.      Bagaimana (How)
Dengan cara bagamana proses produksi akan dilakukan? Apakah akan mendatangkankeuntungan yang besar? Apabila terdapat barang modal berupa bangunan apakah akan dijadikan kantor atau gudang? Bila  terdapat sebidang tanah apakah akan digunakan? Ditanami padi, jagung, atau tebu?.
Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus dijawab dengan bijaksana. Salah melakukan produksi akan berakibat pada kerugiaa, Kelebihan atau kekurangan produksi juga dapat menimbulkan kerugian, karena aktivitas produksi membutuhkan biaya.
Dengan cara bagaimana (who) proses produksi akan dilakukan? Maksudnya adalah siapa yang akan melaksanakan, menggunakan sumber daya  apa saaja, dengan teknologi apa barang-barang tersebut dihasilkan, dan seberapa besar skala produksinya. Hai ini dibutuhkan dalam  rangka penyesuaian perkembangan zaman. Beberapa faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan ini yaitu:
-          Pilihan kombinasi sumber daya yang digunakan
-          Perencanaan proses produksi untuk mendapatkan keuntungan
-          Penentuan teknologi yang digunakan
-          Pertimbangan faktor eksternal: harga, perekonomian, suku bunga, biaya produksi, inflasi, valuta asing dan lain-lain.
c.       Siapa pelalu Produksi (Who)
Di zaman modern,  banyak pihak yang bisa melakukan produksi seperti, pemerintah, swasta, atau koperasi. Inilah salah satu modernisasi, yaitu spesialisasi. Spesialisasi berarti setiap pihak memiliki keterampilan dan keahlian khusus  yang tidak dimiliki pihak lain.
Pertimbangan mengenai pelaku produksi merupakan hal yang penting  karena setiap pihak memiliki kelebihan untuk memproduksi lebih baik.
7,  Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
Dan masalah ekonomi pasti diselesaikan dengan cara tertentu contoh peranan sistem ekonomi dalam masalah ekonomi :
-      Menyediakan metode baru untuk mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
-      Menyediakan perangsang untuk berproduksi
-      Menyediakan mekanisme tertentu agar pembagian hasil produksi di antara anggota masyarakat dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

 

 

 

 

 

 

 



DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_ekonomi


1 komentar:

  1. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB


    BalasHapus