Laman

Kamis, 23 Oktober 2014

Sejarah Pemberontakkan DI/TII di Jawa Barat



IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Sejarah
Pemberontakkan DI/TII di Jawa Barat
Kelompok 1
(IX-H)
Azka Nuraulia
Febryan Alfarouqi
Rifqi Muhamad
Rizki Amalia Nurfadhilah
Salma Rabiatul Adawiyah








SMP NEGERI 1 SUMEDANG
TAHUN 2013/2014
Jln. Kebonkol No. 18 Sumedang Telp (0261) 201358
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang ikut serta dalam setiap cita dan cinta agar senantiasa langkah kita terpapah lewat hidayah yang tumpah tercurah dan selalu bersimpuh di pelupuk Nur yang teguh terpancuh. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada sang pembawa risalah Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, tabi’in tabi’at serta pemegang dan penerus risalah yang istiqomah untuk menegakkannya di muka bumi hingga akhir kehidupan ini. Aamiin.
Selanjutnya, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.      Ibu Kurniati S.Pd selaku guru mata pelajaran IPS yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
2.      Rekan-rekan seangkatan serta keluarga yang telah banyak memberikan dukungan.
Dengan segala kerendahan hati, kami menyadari bahwa tersusunnya tugas ini berkat bantuan, bimbingan, nasehat serta petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu dari lubuk hati yang paling dalam kami mengucapkan terima kasih, semoga Allah SWT berkenan memberikan balasan yang berlipat ganda atas kebaikan yang mereka berikan kepada kami.
Akhirnya, kami berharap semoga tugas ini menjadi bahan masukan atau sumbangsih yang bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya kita semua. Aamiin.


Penulis,
Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
Pada tanggal 7 Agustus 1949 di suatu desa di Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat), Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo memproklamirkan berdirinya Negara Islam Indonesia. Gerakannya dinamakan Darul Islam (DI) sedang tentaranya dinamakan Tentara Islam Indonesia (TII). Gerakan ini dibentuk pada saat Jawa Barat ditinggal oleh pasukan Siliwangi yang berhijrah ke Yogaykarta dan Jawa Tengah dalam rangka melaksanakan ketentuan dalam Perundingan Renville.
Ketika pasukan Siliwangi berhijrah, gerombolan DI/TII ini dapat leluasa melakukan gerakannya dengan membakar rumah-rumah rakyat, membongkar rel kereta api, menyiksa dan merampok harta benda penduduk. Akan tetapi setelah pasukan Siliwangi mengadakan long march kembali ke Jawa Barat, gerombolan DI/TII ini harus berhadapan dengan pasukan Siliwangi.
Usaha untuk menumpas pemberontakan DI/TII ini memerlukan waktu yang lama disebabkan oleh beberapa faktor, yakni :
1.      Medannya berupa daerah pegunungan-pegunungan sehingga sangat mendukung pasukan DI/TII untuk bergerilya,
2.      Pasukan Kartosuwiryo dapat bergerak dengan leluasa di kalangan rakyat,
3.      Pasukan DI/TII mendapat bantuan dari beberapa orang Belanda, antara lain pemilik-pemilik perkebunan dan para pendukung negara Pasundan,
4.      Suasana politik yang tidak stabil dan sikap beberapa kalangan partai politik telah mempersulit usaha-usaha pemulihan keamanan.
Selanjutnya dalam menghadapi aksi DI/TII pemerintahan mengerahkan pasukan TNI untuk menumpas gerombolan ini. Pada tahun 1960 pasukan Siliwangi bersama rakyat melakukan operasi “Pagar Betis” dan operasi “Bratayudha”. Pada tanggal 4 Juni 1962 SM. Kartosuwiryo beserta para pengawalnya dapat ditangkap oleh pasukan Siliwangi dalam operasi “Bratayudha” di Gunung Geber, daerah Majalaya, Jawa Barat. Kemudian SM.Kartosuwiryo oleh Mahkamah Angkatan Darat dijatuhi hukuman mati sehingga pemberontakkan DI/TII di Jawa Barat dapat dipadamkan.

1 komentar:

  1. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB


    BalasHapus